Iklan
Oleh: tonz94 | 20/10/2017

Media Publikasi Informasi

Anda ingat pepatah tentang dunia website yang mengatakan “Content is a King and Design is a Queen”? Sebagai raja, konten memiliki posisi kepentingan lebih tinggi di banding desain tampilan. Namun karena ini pasangan yang tak terpisahkan, desain menjadi elemen yang tidak kalah pentingnya dengan konten.

————————————————————————————————————————————

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media publikasi online bisa menjadi pilihan antara lain melalui weblog. WebBlog berasal dari kata Web dan Log yang berarti catatan online yang berada di web. Atau dengan kata lain, blog merupakan situs web yang berisi tulisan, artikel/informasi bermanfaat yang senantiasa diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik oleh umum maupun pribadi.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

WordPress adalah platform penerbitan semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain juga tak ternilai harganya yang diperlukan ketika ingin membangun sebuah blog atau sebuah situs web yang cantik. Piranti lunak inti WordPress dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Ketika Anda ingin dapatkan lebih banyak kegunaan daripadanya, ada ribuan plugin dan tema yang tersedia untuk membuat situs yang Anda dambakan. Lebih dari 25 juta orang memilih WordPress sebagai “rumah”-nya di jaringan internet.
Referensi:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
2. https://id.wordpress.org/

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: